Rabu, 05 Agustus 2015

Sisi Negatif dari Sebuah Iklan

Tak hanya memberikan manfaat bagi produsen dan konsumen, iklan juga memiliki sisi negatif yang ditimbulkannya. Dampak negatif tersebut tentu saja dilihat dari aspek ekonomi, sebagi contoh nyata, masyarakat yang berasal dari kalangan berpendidikan dan penghasilan rendah akan sangat mudah terbujuk serta terbentuk pola pikir dalam konsumsi produk.  Tanpa berfikir tentang kemampuan daya beli atau perbedaan antara kebutuhan dan keinginan, mereka cenderung akan menghabiskan uang mereka karena untuk membeli barang atau jasa yang sebelumnya belum tepat untuk dimiliki. Bila sudah begitu dapat dipastikan kalau pola hidup konsumtif dan pemborosan bisa terjadi, teutama pada mereka yang kurang dapat mengatur pemasukan dan pengeluaran dengan baik. 

Kenaikan harga barang akibat adanya iklan sudah pasti terjadi, hal itu karena adanya biaya promosi yang jumlahnya tidak sedikit terlebih jika iklan dibuat secara massal.  Untuk menutupi biaya tersebut, bisa saja produsen menaikkan harga jual barang atau jasa mereka dengan cara mencantumkan keunggulan-keunggulan tertentu.  Yang parahnya lagi, jika iklan dibuat dengan melebih-lebihkan barang atau jasa, akan dirugikan karena iklan akan tidak sesuai dengan kenyataan.


Cermatlah dalam menggunakan uang anda untuk memenuhi kebutuhan.  Iklan yang baik dan selalu anda lihat, tidak pernah memberikan jaminan akan kualitas produk serta kepuasan pelanggan.  Tak perlu ragu juga untuk memiliki barang atau memilih jasa yang dikelola oleh masyarakat serta UKM.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar